Bertempat di Hotel Hariss Malang, PT Bank BPR Jatim Bank UMKM Jawa Timur bekerja sama dengan MSI Institute menggelar Pelatihan Leadership for Service Excellent untuk para pegawai bank BUMD tersebut.
Pelatihan yang berlangsung selama dua hari, 8-9 Agustus 2024 ini diikuti sekitar 16 orang pegawai yang kebanyakan para pimpinan cabang serta kepala divisi dan subdivisi Bank UMKM Jawa Timur.
Selama dua hari, para peserta mendapat materi tentang Leadership dari praktisi bisnis sekaligus penasihat MSI Group, Benyamin De Haan, Bsc. Text., SH, MM., CGRCOP.
Acara pelatihan ini dibuka oleh Direktur Kepatuhan Bank UMKM Jawa Timur Muhamad Amin yang kemudian dilanjutkan dengan perkenalan dari para peserta.
Mengawali materi presentasinya, Benyamin menjelaskan alasan utama pelatihan ini diselenggarakan, yakni agar ada atau tersedia suatu dasar untuk membangun tim kerja yang kuat di dalam perusahaan lewat kehadiran atau lahirnya para pemimpin.
“Sehingga visi dan misi perusahaan tercapai, melalui kerja keras dan smart dari seluruh jajaran organisasi karena hadirnya para leader atau pemimpin dengan kemampuan memimpin yang sangat kuat dan memiliki soft skill yang mumpuni,” ujar Benyamin yang akrab disapa Pak Ben.
Dengan kepemimpinan yang baik dan kuat, kata Ben, perusahaan bisa memperlihatkan kinerja bisnis yang terus meningkat, memuaskan, sehat, mampu bersaing bahkan memenangkan persaingan, serta meraih keuntungan dan tumbuh secara berkelanjutan.
“Tidak kalah penting adalah meningkatnya kesejahteraan bagi karyawan dan memenuhi ekspektasi para pemegang saham serta semua stake holder atau pemangku kepentingan yang terkait,” tutur Ben.
Pada hari pertama, peserta mendapat materi tentang Praktik Kepemimpinan yang di dalamnya terkait integritas sebagai fondasi, praktik & komitmen pemimpin, serta kepemimpinan di era digital. Materi lainnya adalah membangun tim dengan integritas sebagai pondasi.
Hari kedua, peserta akan mendapat materi tentang Service Excellent, Customer Intimacy, Manfaat dan Cara Meningkatkan Hubungan Pelanggan. Selain itu ada materi tentang Customer Retention Program, Beberapa Cara Meningkatkan Customer Intimacy.
Peserta juga mendapat materi tentang Membangun Budaya Layanan yang Prima (Service Excellent ), Customer Engagement, Tiga Strategi Membangun Budaya Unggul, Product Leadership dan Operation Excellent, serta pengukuran Customer Satisfaction Index.
Kegiatan pelatihan ini tidak hanya diisi dengan penyampaian materi, tapi juga ada studi kasus yang harus diselesaikan oleh peserta. Selain itu ada sesi diskusi dan tanya jawab sehingga acara pelatihan ini menjadi lebih menarik.
Di akhir acara, para peserta juga mendapat sertifikat pelatihan dari MSI Institute.
MSI Institute merupakan unit bisnis di bidang konsultasi dan pelatihan dari MSI Group. Insitusi ini rutin menggelar pelatihan-pelatihan terkait CSR, GRC (Governance, Risk Management dan Compliance Management), Leadership, serta Pelatihan Public Speaking yang diikuti kalangan pofesional baik dari perusahaan swasta maupun BUMN dan BUMD.